Senin, 06 Oktober 2014

Thrown Away Baby

“Sayang, baju seragam sepakbola aku pas SMA di mana ya?”
“Oh..itu…. dibuang, sayang….”
“kok nggak bilang aku sih….:(“
“halah, baju udah buluk gitu, udah bagus nggak aku bikin serbet…”
“tapi kan…it….”
“bawel deh….itu jemuran diangkat dulu, udah mendung!”
“i…i…iya sayang”

Sumpah, percakapan di atas bukan percakapan saya dan istri saya. Kejadian itu hanya fiktif belaka, apabila ada suami yang merasa mengalami kejadian serupa…Mas, I feel you….no not that “feel”…..I mean….ah yo wis L

 Seringkali, “dibuang sayang” bukanlah masalah bahwa barang itu masih berguna dan patut dipertahankan. Tapi, “dibuang sayang” adalah masalah kenangan.  Nggak peduli sebutut apa penampakannya, benda yang memiliki kenangan selalu punya tempat di hati, tapi belum tentu punya tempat di “dunia nyata.” Saya adalah salah satu manusia yang masih berkubang kenangan. Lihat saja, klub sepakbola kesukaan saya: Liverpool, kesukaan saya lagu jadul (hey it rhymes….).  Jarang sekali saya menyumbangkan pakaian “pantas pakai” saya, karena saya selalu berpikir bahwa pakaian itu punya nilai kenangan, entah karena itu dibeliin oleh seseorang, atau dibeli memakai uang yang sengaja saya sisihkan. Atau mungkin saya cuma pelit? Entah.  

Dulu sempat saya punya dompet yang cukup tebal, bukan karena banyak uang tapi saya isi dompet saya dengan kartu bonus dari kaset The Moffats….band remaja yang hits waktu itu. Tak peduli berapa kali dompet saya ganti, kartu-kartu itu tetap setia menghuni kompartemen dompet saya; terlalu sayang untuk dibuang. Kartu itu menemani saya hingga saya kuliah; bayangkan: anak kuliahan, laki-laki, yang di dalam dompetnya ada kartu bergambar foto-foto remaja laki-laki….. Tapi kebersamaan kami terhenti semenjak tas saya hilang. Kebetulan dompet saya ada di dalam tas itu, dan kebetulan, eh nggak kebetulan sih, kartu The Moffats itu ada di dalam dompet. 

Hilang dan rusak adalah keadaan yang memaksa saya, mau tidak mau, merelakan barang “dibuang sayang,” tapi dalam beberapa hal, saya ikhlas. Seperti contohnya, beberapa waktu lalu, saya harus melakukan yang setiap ayah harus lakukan: mengikhlaskan barang-barangnya “dirusak” oleh anaknya. Saya belajar ikhlas saat saya menemukan bahwa lightstick official yang saya beli untuk konser SNSD dulu sudah patah jadi dua….oleh Yuna, dan saya juga belajar ikhlas saat sepulang saya kerja, istri saya memberitahu bahwa kalender senbatsu official JKT48 saya sobek….juga karena ulah Yuna, sobeknya pun pas di gambar oshi saya…Beby L.



Basically, semua barang yang saya punya itu masuk kategori “dibuang sayang,” walaupun pada akhirnya ada beberapa barang yang terbuang, rusak, atau dipakai orang.  Kalau memang masih sayang, kenapa dibuang?


*thrown away baby (compound noun) dalam bahasa enggres artinya "dibuang sayang" (percaya aja deh!)

9 komentar:

  1. wkwkwk.. kasian beby disobek.. >__<

    ru.. ruu, sumpah gw ngga nyangka banget lo nyimpen kartu2 moffats di dompet OMG!!!:O

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahahaha iya bener...the moffats itu favorit banget dah...cupu yak hahaha

      eh tapi untung gak pas mukanya beby disobek...:(

      Hapus
  2. huoooh, kalender JKT48 mu yang heiits itu sobek sama Yuna ya. hahahaha *ketawadiataspenderitaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. begitulah, tapi ada hikmahnya...jadi setiap bulan bisa pasang foto beby karena udah disobek...gak nyatu sama kalender hahahaha

      Hapus
  3. beuuuhh, keren banget dia tau idiom buat "dibuang sayang". Aku merasa terhina karena gak tau. I thought it was "too precious to waste" ternyata nggak juga ya. Itu lebih ke, sayang kalo dilewatin. Oke, ini obrolan anak sastra inggris :|

    BalasHapus
  4. Beuh ini idiom yang lo tawarkan ke gue

    BalasHapus
  5. Gw br baca ini, dan gw sedikit terintimidasi sama idiomnya. Kyknya maksa maksa gmn gitu hahahahaha tp jejes percaya! Oke, jes lau ter-haru-kan oleh haru bwahahaha ha ha

    BalasHapus